Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jl. L. L. R.E. Martadinata No.209, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113

Telepon : (022) 7273209- (022) 7103605 - Fax : (022) 7271385 - (022) 7234656

Email : uptdpkdjb@jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Pusat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Rumah Angklung. -

Berita Terkini

  • Bazar Produk Dalam Negeri 2016

    Posted on Feb 15, 2016

    Kegiatan ini ditujukan kepada masyarakat umum untuk membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah umumya warga indonesia khususnya warga jawa barat. Acara diselenggarakan pada tanggal 18 s.d 19 Februari 2016 di Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri baduga, Jl. BKR No. 185 Bandung. ( Read More )

  • Mahasiswa Perancis Magang Di Museum Sri Baduga

    Posted on Feb 10, 2016

    Paris mengirimkan seorang mahasiswi untuk magang di Museum Sri Baduga, namanya Melusine Blondel (20 tahun), yang sedang menyelesaikan studi Master Program di The Ecole du Louvre Paris. Perguruan Tinggi The Ecole du Louvre Paris merupakan perguruan tinggi ternama di Perancis, khusus mendidik mahasiswa yang memiliki minat di bidang the history of art and museology sejak tahun 1929. Tahun 2009, Indonesia melaksanakan kerjasama dengan Kementerian Kebudayaan Prancis sehingga mengeluarkan MoU antara Universitas La Rochelle dengan Universitas Padjadjaran Bandung. Tahun 2013, Indonesia mengirimkan sebanyak 10 mahasiswa lulusan terbaik Program S2 Museologi UNPAD ke University of La Rochelle dan Universitas lainnya di Prancis untuk mengikuti kursus intensif tentang permuseuman selama 3 (tiga) minggu. Sebagai balasannya, tahun 2015 Prancis mengirimkan mahasiswanya untuk magang selama 2 bulan di Museum-museum di Indonesia, salah satunya adalah Museum Negeri Sri Baduga di Bandung. Program ini akan berlanjut pada tahun 2016, Prancis akan mengirimkan 2 (dua) mahasiswinya untuk magang di Bandung selama 2 (dua) bulan yaitu Juli sampai dengan Agustus 2016. ( Read More )

  • Belajar, Bermain, Berjamaah SD Cendikia Muda

    Posted on Feb 03, 2016

    Kami " Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga " mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengetahuan sebagai pembimbing materi sejarah, seni, dan budaya. Kami menyambut gembira saat kedatangan adik dan rekan-rekan SD Cendikia Muda Bandung. Antusias, semangat, senyum, bahagia terlihat ketika tiba di halaman Museum Sri Baduga. Banyak senyum, dan salam hangat dari adik-adik SD Cendikia Bandung. Kami merasakan kedekatan seperti keluarga meski beberapa kali berjumpa. Konsep baru penyampaian informasi ilmu dan wawasan yang kami berikan adalah " Belajar, Bermain, Berjamaah ". Hal yang menarik dari konsep baru tersebut yakni penyampaian informasi mengenai pengetahuan sejarah, seni, dan budaya tradisional. Kami membawa mereka ke seluruh ruang indah Museum Negeri Sri Baduga. Informasi yang disampaikan yakni 10 Klasifikasi Koleksi Museum Negeri Sri Baduga diantaranya Geologika, Numismatika, Biologika, Filologika, Etnografika, Keramologika, Arkeologika, Seni Rupa, Historika, Teknologika. ( Read More )

  • *Hadirilah Pesta Buku Bandung 2016*

    Posted on Jan 28, 2016

    Potensi tersebut dimanfaatkan oleh IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) untuk mengembangkan kembali sektor wisata dan pendidikan, dengan ide luar biasa yakni "Wisata Buku". Banyak pameran yang telah diselenggarakan oleh IKAPI diantaranya Pameran Buku Bandung, Islamic Fair, dan Pesta Buku Bandung. Agenda yang rutin diselenggerakan awal tahun dan menjelang akhir tahun bertempat di Jl. Braga No. 129 Bandung. Kegiatan tersebut menjadi rencana untuk mencapai cita-cita Kota Bandung menjadi Kota Buku Sejagat 2016. Jika hal ini tercapai, maka Kota Bandung diperkirakan menjadi kota kedua di Asia setelah Bangkok, Thailand dan diakui oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). ( Read More )

  • *PEMBERITAHUAN LIBUR MUSEUM*

    Posted on Jan 14, 2016

    DISAMPAIKAN DENGAN HORMAT, KEPADA PENGUNJUNG MUSEUM NEGERI SRI BADUGA, DIKARENAKAN SELURUH PEGAWAI AKAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS SDM, YANG DILAKSANAKAN PADA TANGGAL 15 s.d 17 JANUARI 2016. SEHUBUNGAN DENGAN HAL DI ATAS DI BERITAHUKAN SEBAGAI BERIKUT: 1. MUSEUM NEGERI SRI BADUGA DINYATAKAN TUTUP UNTUK SEMENTARA TERHITUNG MULAI TANGGAL 15 s.d 18 JANUARI 2016. 2. MUSEUM NEGERI SRI BADUGA DIBUKA KEMBALI SEPERTI BIASA PADA TANGGAL 19 JANUARI 2016 PUKUL 08.00 s.d 16.00 WIB. DEMIKIAN KAMI SAMPAIKAN AGAR MANJADI MAKLUM, ATAS PERHATIANYA DIUCAPKAN TERIMAKASIH. ( Read More )

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Ary Heriyanto, S.STP., M.M.
Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku