Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jl. L. L. R.E. Martadinata No.209, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113

Telepon : (022) 7273209- (022) 7103605 - Fax : (022) 7271385 - (022) 7234656

Email : uptdpkdjb@jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Pusat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Rumah Angklung. -

Berita Terkini

  • Pemikiran dan Pengalaman Dewi Sartika, Aktualkan Semangatnya dan Jangan Hanya Dikenang

    Posted on Dec 12, 2018

    Sosok Raden Dewi Sartika, pada masa sekarang, perlu diaktualisasikan kepada generasi muda sebagai cerminan wanita Sunda yang tangguh dan pantang menyerah. Bahkan, nama Pahlawan Nasional wanita asal Jawa Barat itu sangat layak untuk diusulkan sebagai nama Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Majalengka ( Read More )

  • Kereta Kencana Paksinaga Liman

    Posted on Dec 06, 2018

    Paksi Naga Liman adalah kereta kencana Kesultanan Kanoman Cirebon,berukuran panjang 3 meter,tinggi 2,6 meter dan memiliki roda yamg bergaris tengah 1,5 meter. Sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa sansekerta,yakni paksi = burung, naga =ular dan liman (bahasa jawa) =gajah ,perpaduan antara karakteristik ketiga ekor binatang tersebut.badan kereta sebagai tempat duduk penunggangnya berbentuk badan gajah yang sedang melipatkan kakinya.Sisi kiri dan kanannya di tutupi sayap burung garuda,sedangkan di bagian belakang berekor ular naga.Berleher naga dan pada kepala tampak adanya perpaduan karakteristik naga dan gajah. Profil wajah mencerminkan wajah gajah dengan belalai mencuat ke atas yang di tancapi senjata trisula sebagai konsep agama Hindu. ( Read More )

  • Kemendikbud akan Bangun Museum Pendidikan

    Posted on Oct 26, 2018

    Sebagai salah satu cara memperkenalkan sejarah, khususnya terkait pendidikan di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana mendirikan museum pendidikan. Untuk mematangkan gagasan tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berdiskusi langsung dengan menteri-menteri pendidikan era sebelumnya di kantor Kemendikbud, Jakarta dalam bentuk Diskusi Kelompok Terpumpun (17/10/2018). ( Read More )

  • 130 Kain Unggulan Dipamerkan pada Ajang Museum Expo 2018 di Museum Sri Baduga

    Posted on Oct 09, 2018

    Tidak kurang dari 130 kain unggulan dari 36 museum provinsi di Indonesia dipamerkan pada Museum Expo 2018 di Museum Sri Baduga, Jalan BKR, Kota Bandung, 9 - 23 Oktober 2018. Acara tersebut akan menjadi pameran bernilai sejarah tinggi, menilik perkembangan fesyen di Indonesia. Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat Casmadi mengatakan, pameran kain nusantara ini juga akan koleksi pribadi yang sengaja didatangkan langsung dari tempatnya. ( Read More )

  • Balut Ragam Adiwastra Nusantara 2018

    Posted on Sep 25, 2018

    Balut Ragam Adiwastra Nusantara 2018 Ide penciptaan kain pada awalnya untuk pemenuhan sebagai sandang manusia, selanjutnya dikaitkan dengan ritus daur hidup hingga menjadi fashion and passion. Diselenggarakan didalam mengembangkan pola pikir masyarakat terhadap kekayaan alam Indonesia yang beraneka ragam serta mengingatkan serta mengingatkan kembali terhadap nilai – nilai sejarah budaya, teknik pembuatan, dan penggunaan wastra tradisional di nusantara. Didalam upaya meningkatkan apresiasi dan kecintaan masyarakat terhadap produk budaya sendiri. Serta memperkenalkan kepada masyarakat terhadap keragaman wastra tradisional sebagai aset bangsa yang memiliki “ Value “ bagi sejarah budaya bangsa serta peningkatan ekonomi kreatif masyarakat Indonesia. Melaksanakan program pengembangan nilai budaya dalam rangka kegiatan Museum Sri Baduga EXPO 2018, yang dikoordinasikan dengan program nasional. ( Read More )

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Ary Heriyanto, S.STP., M.M.
Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku