Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat

Alamat : Jl. L. L. R.E. Martadinata No.209, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113

Telepon : (022) 7273209- (022) 7103605 - Fax : (022) 7271385 - (022) 7234656

Email : uptdpkdjb@jabarprov.go.id

- Taman Budaya, Museum Sri Baduga, Tugu Monumen Perjuangan, Gedung Kesenian Rumentang Siang, Pengembangan Pusat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menggugat, Rumah Inggit Garnasih, Rumah Angklung. -

Berita Terkini

  • Napak Tilas Jejak Juang Inggit

    Posted on Feb 16, 2017

    Wajah Serius di perlihatkan Sasaki Tomoya (25) saat diberi kesempatan untuk menaburkan bunga mawar berwarna merah dan putih di pusara Inggit Garnasih. Semula pemuda delegasi Japan International Cooperation Agency (JICA) ini menolak dengan alasan kurang pantas meskipun akhirnya mau setelah didampingi beberapa pimpinan dari Balai Pengelolaan Museum Negeri Jawa Barat Sri Baduga . "Saya mengenal Sukarno bukan karena Ibu Dewi yang menjadi istrinya berasal dari Jepang, tetapi kebesaran Sukarno sangat disegani dunia. Oleh karena itu, saya merasa sangat tersanjung dan mendapat kehormatan untuk menabur bunga di makam Inggit Garnasih, seorang tokoh sunda yang disegani dan salah seorang istri sukarno," ujar Sasaki Tomoya ( Read More )

  • Generasi Muda Tak Tertarik Sejarah

    Posted on Feb 14, 2017

    Pemahaman tentang sejarah di kalangan generasi muda harus lebih terarah dan sistematis. Banyak sejarah daerah tak diketahui generasi sekarang karena lebih menekankan pada peristiwa, bukan nilai. Demikian diungkapkan Kepala Balai Pengelolaan Museum Negeri Jawa Barat Sri Baduga, Sajidin Aries, seusai mendampingi kunjungan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil se-Kecamatan Arcamanik, Selasa (14/2/2017). Para peserta itu datang menggunakan enam unit Bandros (Bandung Tour On The Bus). "Ketertarikan generasi sekarang terhadap peristiwa sejarah sangat minim, bahkan kurang menyukai. Ini karena ada anggapan bahwa sejarah identik dengan peristiwa yang terkait waktu, tempat dan nama pelaku," ujar Aries. Padahal menurut Aries, peristiwa sejarah tak selalu terkait nama tempat, pelaku, dan waktu. "Justru yang saat ini banyak dicari dan dipelajari peneliti dari luar adalah hal-hal yang berkaitan dengan nilai-nilai dalam peristiwa tersebut," ujarnya. ( Read More )

  • Milangkala Inggit Garnasih (Sri Kandi Ti Tatar Sunda)

    Posted on Feb 13, 2017

    Dalam rangka memperingati Milangkala Inggit Garnasih ke-129, Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga akan menyelenggarakan kegiatan Pameran Sejarah Jejak Juang Inggit Garnasih dengan acara sebagai berikut : -16 Februari 2017 : Field Trip / Napak Tilas Ibu Inggit dan Bapak Soekarno Tempat terbatas, konfirmasi kehadiran pada nomor kontak : 089657246956 (Alif) | 085795120182 (Pramukti) -17 Februari 2017 : PUNCAK ACARA Monolog Inggit Garnasih ( 14:00 s.d 17:00 ) di Auditorium Museum Negeri Sri Baduga, Jl. BKR No. 185 Bandung -18 s.d 28 Februari 2016 : Pameran Story Line "Ibu Inggit Garnasih" ( 09:00 s.d 16:00 ) di Rumah Bersejarah Inggit Garnasih, Jl. Inggit Garnasih No. 8 Bandung ( Read More )

  • Pameran Usaha Provinsi Jawa Barat

    Posted on Dec 11, 2016

    Terima kasih kepada penyelenggara Pameran Usaha Provinsi Jawa Barat. Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga menyampaikan Album foto kenangan selama kegiatan berlangsung. Sahabat Museum Sri Baduga dapat meilhat dan menyimpan foto kenangan tersebut. - Museum di hatiku - ( Read More )

  • Museum Jabar Sambut Baik Hibah Artefak dari Belanda

    Posted on Dec 06, 2016

    Pemerintah Belanda berniat mengembalikan 1.500 artefak koleksi Museum Nusantara di Kota Delf pada Indonesia. Pengembalian artefak tersebut dikarenakan Museum Nusantara di Kota Delf akan ditutup. ( Read More )

Video

Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat


Ary Heriyanto, S.STP., M.M.
Profil Pejabat Dinas

Statistik Web

Jumlah Pengunjung :

Alamat IP Anda

Paduan Suara

Museum di Hatiku